Minggu, 29 November 2015

Apa itu Filsafat ?


Apa itu Filsafat ?

Bagi yang belum pernah mendengar sama sekali kata ‘filsafat’ tentu dalam benaknya terus bertanya-tanya apa itu Filsafat? Apakah benda, peristiwa, sebuah ilmu, ataukah sebuah aliran?

Ya, filsafat mengundang banyak tanda tanya bagi yang baru mengenalnya, jangankan yang sudah mengetahuinya, bagi yang sudah mengetahuinyapun tanda tanya itu masih hadir dalam benak orang tersebut.

Apa itu Filsafat?

Filsafat adalah suatu ilmu mengenai seluruh fenomena kehidupan serta juga pemikiran manusia secara kritis dan juga dijabarkan didalam suatu konsep mendasar. 

Kata “filsafat” berasal dari bahasa Yunani kuno, yakni dari kata “philos” serta “Shopia”. Philos artinya "cinta yang sangat" . Filsafat itu tidak didalami dengan melakukan eksperimen-eksperimen serta juga percobaan-percobaan,Namun tetapi dengan mengutarakan suatu masalah dengan secara persis, mencari suatu solusi masalah tersebut,dengan memberikan argumentasi serta juga alasan yang tepat untuk solusi tertentu.  Seseorang yang mendalami bidang ilmu falsafah disebut dengan "filsuf".

Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli
Pengertian Filsafat menurut beberapa tokoh atau ahli atau pakar antara lain sebagai berikut :


  • Menurut Paul Nartorp (1854 – 1924 ) 
 Filsafat ialah sebagai Grunwissenschat (ilmu dasar yang hendak menentukan suatu kesatuan pengetahuan manusia dengan cara menunjukan dasar akhir yang sama, yang memikul sekaliannya .

  • Menurut Imanuel Kant ( 1724 – 1804 ) 
Filsafat adalah suatu ilmu pengetahuan yang menjadi suatu pokok serta pangkal dari segala pengetahuan yang didalamnya itu tercakup empat persoalan.
·         Apakah yang dapat kita kerjakan?(jawabannya adalah metafisika )
·         Apakah yang seharusnya kita kerjakan ? (jawabannya adalah  Etika )
·         Sampai dimanakah harapan kita ?(jawabannya adalah  Agama )
·          Apakah yang dinamakan manusia ? (jawabannya adalah  Antropologi )

  • Menurut Notonegoro 
Filsafat adalah menelah (memilah atau memilih) hal-hal yang dijadikan sebagai objeknya dari sudut intinya yang mutlak, yang tetap dan tidak berubah , yang disebut dengan hakekat.

  • Menurut Driyakarya 
Filsafat adalah sebagai perenungan sedalam-dalamnya mengenai sebab-sebabnya ada serta juga berbuat, perenungan mengenai suatu kenyataan yang sedalam-dalamnya sampai “mengapa yang penghabisan “.

  • Menurut Sidi Gazalba 
Berfilsafat adalah mencari kebenaran dari suatu kebenaran dan untuk kebenaran , mengenai segala sesuatu yang di permasalahkan, dengan berfikir secara radikal, sistematik serta juga universal.

  • Menurut Harold H. Titus (1979 ) 
·         Filsafat adalah suatu sekumpulan sikap serta juga kepecayaan terhadap kehidupan dan juga alam yang biasanya diterima dengan secara tidak kritis. Filsafat adalah suatu proses kritik atau juga pemikiran terhadap suatu kepercayaan dan juga sikap yang dijunjung tinggi;
·         Filsafat adalah usaha untuk dapat memperoleh suatu pandangan secara keseluruhan;
·         Filsafat adalah suatu analisis yang logis dari bahasa serta penjelasan mengenai arti kata dan juga pengertian ( konsep ); Filsafat adalah suatu kumpulan masalah yang mendapat perhatian manusia serta yang dicirikan jawabannya oleh para ahli atau pakar filsafat.


  • Menurut Hasbullah Bakry 
 Ilmu Filsafat adalah suatu ilmu yang menyelidiki segala sesuatunya itu dengan mendalam tentang Ke-Tuhanan, alam semesta serta juga manusia sehingga bisa menghasilkan suatu pengetahuan mengenai bagaimana suatu sikap manusia itu sebenarnya sesudah mencapai pengetahuan itu.

  • Menurut Plato ( 428 -348 SM ) 
Filsafat ialah tidak lain dari pengetahuan mengenai segala yang ada.

  • Menurut Aristoteles ( (384 – 322 SM) 
Bahwa kewajiban filsafat ialah  menyelidiki sebab serta juga asas segala benda. Dengan demikian filsafat itu bersifat ilmu umum . 

  • Menurut Cicero ( (106 – 43 SM ) 
 Filsafat ialah sebagai “ibu dari semua/segala seni “( the mother of all the arts)“ ia juga mendefinisikan filsafat ialah sebagai "ars vitae" (seni kehidupan )

  • Menurut Johann Gotlich Fickte (1762-1814 ) 
Filsafat ialah sebagaiWissenschaftslehre (ilmu dari ilmu-ilmu , yaitu ilmu umum, yang menjadi dasar segala/semua ilmu. Ilmu ini membicarakan sesuatu bidang atau juga macam jenis kenyataan. Filsafat adalah memperkatakan seluruh bidang dan juga seluruh jenis atau macam ilmu yang mencari kebenaran dari seluruh kenyataan.

Sumber:
               Pendidikanku.Net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar